Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk badan ideal? Bentuk badan proposional menjadi dambaan setiap pria dan wanita. Tak heran bila banyak orang berlomba-lomba untuk tampil sempurna. Apalagi sekarang sudah banyak perawatan penunjang yang dapat kamu pilih termasuk body contouring. Perawatan ini pas banget buat kamu yang tidak sempat olahraga. Yuk, kenalan dengan perawatan body contouring!

Apa Sih Body Contouring?

Dunia dermatologis melihat kemajuan yang luar biasa dalam beberapa tahun terkhir. Body contouring menjadi salah satu perawatan non-invasif untuk mengurangi lemak. Perawatan ini sudah berkembang selama 5 tahun terakhir sejak CoolScupting, perangkat pertama yang disetujui FDA.

Seperti namanya body contour artinya membentuk tubuh. Teknik body contour dapat membentuk tubuh dengan menyingkirkan sel-sel lemak yang tidak kamu inginkan. Sebagai contoh, kamu ingin menghilangkan selulit yang tampak bergelombang dan terlihat pada bagian tertentu saja seperti lengan, paha, pinggul, bokong, serta perut. Berkat perawatan ini kulit menjadi lebih kencang dan halus. Kulit bergelambir nantinya tidak nampak lagi.

Jadi, perawatan body contouring merupakan tindakan untuk membentuk tubuh seseorang dengan mengencangkan kulit. Tindakan body contouring berguna untuk menghilangkan lemak, membentuk area tubuh, dan mengencangkan kulit.

Baca Juga: Menghilangkan Bekas Jerawat? Yuk Lakukan Treatment Kombinasi Ini!

Siapa Kandidat yang Tepat?

Kandidat yang ideal untuk melakukan perawatan ini memiliki berat badan yang sehat dan satabil. Body contour berfungsi menghilangkan lemak yang membandel. Selain itu, pasien juga memiliki persentase lemak tubuh rendah dan terkontrol biasanya dapat melihat hasil yang optimal. Jenis perawatan kulit ini melihat proses penghapusan timbunan lemak paling cepat.

Sementara bagi kamu yang memiliki lemak lebih banyak sebaiknya diobati dengan sedot lemak terlebih dahulu. Kamu juga harus bersedia menjalani beberapa perawatan untuk memastikan jumlah lemak yang optimal untuk dihilangkan. Usia dan kondisi kesehatan lain tidak berpengaruh untuk perawatan kulit ini karena pengobatan non-invasif dengan sedikit efek samping.

Baca Juga: Ingin Membuat Rahang Tirus Tanpa Operasi? Coba Dahulu 3 Perawatan Ini!

Apa Saja Jenis-Jenis Body Contouring?

Tahukah kamu body contour non-bedah disebut lipolisis. Ada beberapa metode lipolisis yang perlu kamu ketahui meliputi:

  • Cryolipolysis menggunakan suhu yang sangat dingin untuk menghancurkan sel-sel lemak (misalnya, CoolSculpting®).
  • Injeksi lipolisis melibatkan menempatkan asam deoksicholic ke dalam tubuh untuk menargetkan sel-sel lemak.
  • Laser lipolisis menggunakan laser untuk menghancurkan sel-sel lemak (misalnya, Zerona®).
  • Radiofrequency lipolysis menggunakan gelombang ultrasound dan panas untuk menargetkan sel-sel lemak (misalnya, truSculpt®).

Manfaat Body Contour

Tindakan body contouring dapat membantu kamu menyingkirkan selulit, kelebihan lemak, dan membentuk kembali bagian tubuh tertentu. Body contour membentuk tubuh dan mengatasi bagian tubuh tertentu di mana terjadinya penurunan berat badan yang kurang efektif atau kulit kendur setelah penurunan berat badan.

Sementara lipolisis adalah prosedur non-bedah, dan sedot lemak adalah cara bedah untuk menghilangkan lemak. Prosedur membentuk tubuh lainnya, seperti eksisi kulit, dapat juga mengencangkan dan menghaluskan kulit keriput dan kendur.

Baca Juga: Harga Filler Bibir dan Prosedurnya

perawatan body contouring

Tindakan dimulai dengan teknik pijatan untuk membuka saluran limfatik dan melunakkan lemak.

Bagaimana Proses Perawatan Body Contouring?

Sebelum kamu memutuskan perawatan kulit, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Sementara profesional perawatan kulit kami akan meninjau area yang ingin dirawat dan didiskusikan tujuannya untuk perawatan jangka panjang. Setelah informasi terkumpul, rencana perawatan akan disesuaikan. Dokter dapat memutuskan mana perawatan kulit terbaik untukmu.

Prosedur perawatan bersifat non-invasif ini menggunakan teknologi ultrasound dengan radio frekuensi yang bekerja untuk membakar lemak. Tindakan dimulai dengan teknik pijatan untuk membuka saluran limfatik dan melunakkan lemak. Sementara itu, area kulit yang ditargetkan akan diberikan gel ultrasound sebagai penyalur sehingga alat dapat digunakan dengan maksimal.

Teknologi ini juga dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit. Setelah sel-sel lemak menyusut, kamu akan melihat bentuk yang diinginkan dan berkontur. Panas yang digunakan dalam perawatan kulit ini meningkatkan produksi kolagen, memberi kulit lebih banyak kekuatan. Ketika kulit memiliki lebih banyak kolagen, itu akan terlihat lebih halus dan kencang. Jadi, kulit kendur dan keriput akan memudar. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 20-45 menit untuk tindakan body contouring tanpa masa pemulihan sehingga kamu dapat beraktivitas seperti biasa.

Berapa Lama Waktu Pemulihan Setelah Body Contouring?

Umumnya setelah perawatan, seseorang dapat kembali bekerja atau melakukan aktivitas seperti biasa. Prosedur ini menjadi pilihan tepat untuk kamu yang sibuk atau memiliki jam terbang tinggi.

Pada intinya body contour membantu menurunkan berat badan dan membentuk bagian tubuh tertentu. Body contour lebih baik bila diimbangi dengan diet sehat dan dalam pengawasan dokter. Body contouring dapat memberikan hasil dengan komplikasi yang lebih rendah. Minim rasa sakit dan tepat untuk kamu yang tidak sempat berolahraga.

Jika kamu ingin menghilangkan lemak dengan hasil yang lebih baik. Jangan ragu lagi segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit kami di C Derma untuk mencapai penampilan yang optimal. Silahkan hubungi kami untuk menjadwalkan konsultasi.

Reviewed by dr. Stanley Setiawan, Sp.KK

Source: