Banyak orang menginginkan tampil sempurna, tak jarang mereka melakukan berbagai cara untuk terlihat menarik termasuk perawatan filler bibir. Filler bibir adalah prosedur medis yang dapat memberi perubahan pada kontur bibir menjadi lebih penuh dan berisi. Sebelum melakukan filler bibir, baca dahulu info seputar filler bibir, prosedur hingga harga filler bibir. Yuk, cek ulasan berikut!

Baca Juga: Ingin Membuat Rahang Tirus Tanpa Operasi? Coba Dahulu 3 Perawatan Ini!

Apa itu Filler Bibir?

Berbicara tentang filler berarti menyuntikkan cairan asam hialuronat ke dalam lapisan kulit. Suntik filler dimaksudkan untuk menciptakan penampilan lebih menarik, seperti menyamarkan garis dan kerutan wajah, mengembalikan volume serta mengencangkan kulit. Suntik filler bekerja dengan mengisi bagian kulit wajah yang diinginkan, seperti filler bibir. Filler bibir adalah prosedur yang dilakukan untuk membantu memperbaiki kontur bibir seseorang menjadi lebih bervolume.

Metode pembesaran bibir ini umum digunakan dan prosesnya juga sederhana. Proses perawatan dilakukan dengan menyuntikkan cairan asam hialuronat alami untuk membantu meningkatkan volume bibir. Selain asam hialuronat, ada lagi jenis cairan yang dapat disuntikkan pada bibir. Kolagen menjadi pilihan yang lebih baru dan aman. Sementara suntik implan juga dapat dilakukan, tetapi jarang digunakan karena risiko efek sampingnya.

Mengapa Perlu Filler Bibir?

Tahukah kamu? Seiring waktu, seseorang mungkin akan kehilangan volume bibir karena beberapa hal, seperti genetika, rokok, hingga kerusakan akibat sinar matahari. Adanya filler bibir dapat mengembalikan dan menambah volume bibir. Kamu dapat tampil lebih percaya diri dengan tampilan yang diinginkan.

Baca Juga: Sempurnakan Bentuk Wajah Tanpa Operasi!

Bagaimana Prosedur Filler Bibir?

Sebelum melakukan filler bibir, petugas akan mengevaluasi kesehatanmu secara umum termasuk kondisi kesehatan atau faktor risiko yang sudah ada sebelumnya. Jika kamu memiliki alergi, beritahukan termasuk obat resep yang saat ini kamu minum serta suplemen herbal.

Pertimbangkan ukuran bibir yang kamu inginkan. Penting untuk membayangkan bagaimana kamu akan terlihat. Jika perlu tunjukkan contoh foto untuk memberikan gambaran tentang bentuk bibir yang kamu inginkan. Sebab bentuk dan fitur wajah tiap orang unik dan berbeda.

Selama prosedur filler bibir, dokter akan memberikan anestesi topikal ke bibir. Dengan begitu, kamu tidak akan merasakan sakit selama proses filler bibir. Kemudian, dokter menggunakan jarum kecil untuk menyuntikkan cairan filler ke salah satu titik tertentu pada bibir. Mungkin saja tepi bibir, tengah bibir hingga sudut bibir. Dokter akan memasukkan 1 mililiter cairan filler.

Jarum yang masuk ke kulit pun tidak lebih dalam dari 2,5 milimeter. Dokter akan melakukan perawatan dengan senyaman mungkin. Biasanya untuk meminimalkan bengkak, kompres es pada bibir dilakukan selama prosedur. Seluruh prosedur hanya memakan waktu kurang lebih tidak sampai 1 jam.

Harga Filler Bibir

Filler bibir dilakukan untuk membantu memperbaiki kontur bibir seseorang menjadi lebih bervolume.

Baca Juga: Harga Perawatan Vitiligo di C Derma

Berapa Lama Filler Bibir Bertahan?

Perawatan filler bibir dapat bertahan 6-12 bulan tergantung jenis cairan yang digunakan. Beberapa memerlukan perbaikan (re-touch) kembali dan yang lainnya mungkin baik-baik saja atau tahan lebih lama.

Apakah Filler Bibir Menyakitkan?

Saat disuntik, kamu akan merasakan sedikit tekanan dan sensasi seperti dicubit. Namun, tidak terlalu menyakitkan karena pengaruh anestesi. Fungsi krim anestesi ini untuk memberikan rasa baal pada area bibir

Baca Juga: Harga Suntik Botox di C Derma

Tips Sebelum Melakukan Filler Bibir

Sebelum melakukan prosedur filler bibir, setidaknya ada 6 hal yang perlu kamu ketahui di antaranya:

  1. Kunjungi layanan kesehatan yang berlisensi dan memiliki pengalaman di bidang dermatologi atau operasi plastik. Pastikan mereka sudah terlatih untuk menyuntikkan pada kulit pasien. Penyedia klinik juga menggunakan produk yang telah disetujui oleh BPOM, berlabel, dan disegel dengan benar.
  2. Mintalah atau baca informasi perlabelan tentang jenis cairan yang akan disuntikkan dari penyedia layanan kesehatan.
  3. Ketahui jenis produk yang akan disuntikkan dan kemungkinan risikonya. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu.
  4. Hindari membeli produk yang dijual bebas khawatirnya produk palsu, terkontaminasi, dan belum disetujui oleh BPOM.
  5. Hindari menyuntikkan diri dengan jenis cairan yang dijual bebas.
  6. Hindari menyuntikan semua jenis cairan pada tubuh tertentu.

Harga Filler Bibir

Harga filler bibir tergantung pada jenis cairan dan perawatan yang diperlukan setiap pasien. Harga yang diberikan akan berbeda tergantung kebutuhan kamu. Rata-rata menghabiskan biaya Rp7.000.000 dalam sekali tindakan. Selain jenis cairan, harga perawatan juga tergantung pada daerah atau tempat kamu tinggal hinga dokter yang menangani. Hindari tergiur harga filler bibir yang murah karena tidak sebanding dengan risikonya. Pastikan kamu mengetahui kisaran harga sebelum melakukan perawatan filler.

Kini, kamu sudah mengetahui seputar filler bibir, mulai dari prosedurnya hingga harga filler bibir. Filler bibir memberikan tampilan bibir lebih berisi. Prosedurnya pun cepat dan minimal invasif. Pastikan kamu melakukan filler bibir dengan ahlinya, seperti dokter spesialis kulit bersertifikat. Konsultasikan segera dengan dokter spesialis kulit berpengalaman di C Derma. Pastikan cantik dan sehat bersama C Derma!

Reviewed by dr. Maria Vianney Sansan, Sp.KK

Source: