Siapa yang tidak ingin memiliki rambut tebal dan sehat? Sayangnya, beberapa orang mungkin memiliki masalah yang sulit dihindari, seperti rambut rontok. Rambut rontok bisa terjadi pada siapa saja. Sering kali rambut rontok yang tidak tertangani dapat menyebabkan kebotakan. Kebotakan inilah yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri, apalagi terjadi sejak dini. Jika Anda mengalami rambut rontok dan ingin mengembalikan ketebalan rambut. Anda dapat mencoba perawatan rambut rontok satu ini. Penasaran apakah itu berhasil? Mari, cari tahu ulasannya berikut!

Penyebab Rambut Rontok

Helai rambut yang berserakan di lantai semakin bertambah banyak hari demi hari. Terkadang membuat Anda semakin stres melihatnya. Penyebab rambut rontok memang beragam. Mulai dari stres, perubahan pola hidup, hormon, hingga pengaruh obat terapi, atau justru bisa jadi rambut rontok karena turun-temurun. Jenis kerontokan rambut ini paling umum terjadi. Istilah medisnya biasa disebut androgenic alopecia. Pada wanita tanda pertama kerontokan rambut biasanya menipis atau melebar secara keseluruhan. Sedangkan pria tanda pertama sering kali surutnya garis rambut atau titik botak di bagian atas kepalanya.

Apakah Rambut Rontok Mungkin Tumbuh Kembali?

Perawatan dapat membantu menghentikan atau memperlambat kerontokan rambut. Ini juga dapat membantu menumbuhkan kembali rambut Anda. Jika perawatan rambut rontok lebih awal dimulai, maka semakin baik hasilnya. Tanpa perawatan, Anda akan terus mengalami kerontokan rambut.

 Perawatan rambut rontok
Perawatan rambut rontok untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Apa itu Platelet Rich Plasma (PRP)?

Ada beberapa terapi perawatan rambut rontok untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Salah satunya dengan metode Platelet Rich Plasma (PRP). Perawatan PRP dilakukan dengan mengambil sedikit darah dari tubuh pasien sendiri. Lalu, darah diolah dengan mesin khusus. Nantinya, elemen darah yang diambil kaya akan kandungan faktor pertumbuhan.

Suntikan plasma darah yang dilakukan berguna untuk mendorong penyembuhan dan membantu produksi sel-sel baru. Bahkan treatment PRP sendiri bisa juga digunakan untuk merawat kulit, seperti menghilangkan bekas jerawat, meratakan tekstur kulit, mengecilkan pori-pori hingga memperbaiki kulit keriput. Khusus perawatan rambut rontok, PRP diaplikasikan dengan memasukkan serum tersebut ke bagian kulit kepala yang mengalami penipisan rambut atau kebotakan.

Bagaimana Proses Kerja Platelet Rich Plasma (PRP)?

PRP berasal dari darah yang diambil dari pasien kemudian sudah diolah dalam mesin khusus. Metode PRP untuk perawatan rambut rontok dilakukan dengan memasukkan plasma darah ke folikel rambut dengan alat dermaroller. Prosesnya begitu cepat tidak lebih dari 10 menit. Setelah perawatan, pasien tidak memerlukan waktu istirahat sehingga dapat beraktivitas seperti biasa.

Perawatan rambut rontok ini terbilang aman dan minim efek samping. Hanya saja kulit kepala akan menjadi sedikit kemerahan. Biasanya pasien tidak disarankan untuk mencuci rambut selama 24 jam Usai menjalani perawatan. Hasilnya dapat terlihat beberapa bulan setelahnya. Anda akan melihat adanya peningkatan ketebalan atau pertumbuhan rambut kembali.

Mengapa Harus Memiih Metode PRP?

Perawatan PRP sifat penyembuhannya alami dan dapat memberikan hasil yang tahan lama. Anda akan mendapatkan rambut sehat, tebal secara alami. Metode perawatannya cukup memasukkan plasma darah ke folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan sel baru. Dengan percepatan pertumbuhan sel inilah membantu rambut tumbuh alami. PRP menjadi pilihan perawatan rambut rontok yang sangat baik. Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan selama bertahun-tahun. Bahkan potensi risiko atau efek samping lebih sedikit dibandingkan metode perawatan rambut lainnya.

Ideal dan untuk Siapa?

Perawatan PRP sudah terbukti memiliki tingkat keberhasilan dan kepuasan yang tinggi pada pasien yang mengalami kerontokan rambut, termasuk penipisan rambut atau kebotakan karena faktor keturunan. Perawatan rambut rontok ini dapat dilakukan untuk pria maupun wanita yang memiliki keluhan rambut rontok.

Respon positif dari perawatan PRP membantu pasien menentukan pengobatan terbaik untuk mereka. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan prosedur PRP adalah perawatan rambut rontok yang aman dan efektif, lho. Perawatan PRP berasal dari Eropa tepatnya lebih dari satu dekade yang lalu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, konsultasikan segera dengan dermatolog berpengalaman di C Derma untuk menentukan pilihan perawatan rambut rontok terbaik.

Reviewed by dr. Maria Vianney Sansan, Sp.KK

Source: