Sebelum Menghapus Tato, Wajib Ketahui Beberapa Hal Ini

Apakah Anda pernah merasa menyesal telah membuat sebuah tato pada permukaan kulit? Bisa jadi karena membuatnya tanpa makna tersendiri, tato di masa remaja, atau tato nama pasangan yang kini telah berpisah? Anda tak sendirian, ada banyak orang yang juga merasakan hal yang sama. Oleh karena itu proses menghilangkan tato bisa menjadi solusi pilihan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menghapus tato tersebut, yaitu:

1. Memilih Dokter Yang Kompeten

Ada orang-orang di luar sana yang pernah membuat tato di salah satu salon kecantikan yang tidak memiliki keahlian sebagai seorang dokter dan menggunakan laser panas yang pada akhirnya membakar dan melukai kulit. Oleh karena itu, ini dapat menjadi pelajaran agar kita dapat lebih mempertimbangkan sisi klinis, selain dari sisi estetika. Pun, sama halnya disaat ingin menghapus tato, pilihlah dokter yang kompeten di klinik kecantikan terpercaya dan sudah berpengalaman di bidangnya agar treatmen yang diberikan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

2. Diperlukan Waktu Untuk Menghilangkan Keseluruhan Tato

Tato tidak akan hilang begitu saja setelah melakukan sekali perawatan laser. Karena, butuh waktu lama untuk menghilangkan keseluruhan tinta tato. Setiap kali perawatan, partikel dipecah dan dicerna oleh sistem kekebalan tubuh. Diikuti dengan masa regenerasi hingga delapan minggu dan begitu juga seterusnya.

3. Semua Tinta Bisa Dihilangkan

Bertentangan dengan kepercayaan lama bahwa tinta berwarna terang sulit dihilangkan, Dr. Adams meyakinkan saya bahwa semua rona kini akan hilang dengan menggunakan teknologi penghilang tato terkini. (FYI: Penjelasan sebelumnya adalah bahwa, mirip dengan laser hair removal, laser semata-mata akan tertarik pada warna gelap, seperti hitam.)

4.Konsultasi Dengan Dokter Kulit

Sebelum melakukan penghapusan tato yang paling canggih, pastikan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Setiap penyedia penghapusan tato profesional harus dapat memberi gagasan yang jelas tentang apa yang diharapkan, membantu Anda merasa percaya diri dan mendapat informasi lengkap sebelum berangkat dalam perjalanan ini.

Selain itu, pengetahuan akan kemungkinan hasil akhir nantinya dan kemudian mempertimbangkan apakah prosedur ini akan berhasil. Pastikan juga untuk melihat foto sebelum dan sesudah dari pakar yang Anda ajak bicara, bukan dari produsen laser atau hanya hasil pencarian di Google. Hasil terbaik dan terburuk di dunia dapat ditemukan online, dan spektrum efek yang luas tidak akan membantu Anda membuat keputusan.

5. Berhenti Merokok, Atau Setidaknya Kurangi.

Berhenti merokok secara permanen, jika bisa melakukannya. Jika tidak bisa, coba dan hentikan selama periode perawatan berlangsung. Rokok memperlambat proses penyembuhan tubuh dan secara drastis meningkatkan risiko komplikasi yang dapat menyebabkan jaringan parut atau infeksi.

sebelum menghapus tato

6. Hindari Sinar Matahari, Biarkan Tabir Surya Menjadi BFF Anda.

Penghapusan tato laser berlangsung selama berbulan-bulan, dan ini adalah waktu yang buruk untuk bekerja pada seluruh kulit. Jika harus menikmati Vitamin D yang manis itu, setidaknya jaga agar daerah yang dirawat tertutup oleh tabir surya! Kulit kecokelatan rentan terhadap reaksi yang merugikan. Kebanyakan spesialis penghilangan laser tidak akan merawat kulit yang kecokelatan karena meningkatkan kemungkinan perubahan pigmen permanen. Jagalah area tato dari sinar matahari selama setidaknya empat minggu sebelum sesi penghapusan tato laser dimulai.

7.Laser PhotoRejuvenation Untuk Menghilangkan Tato

Laser PhotoRejuvenation with Revlite® merupakan layanan peremajaan kulit dari C Derma yang menggunakan teknologi laser paling mutakhir saat ini. Laser RevLite® merupakan laser non-ablatif dengan teknologi Laser Q-Switched Nd: YAG (Medlite C6). Teknologi ini mampu menembus ke lapisan kulit dengan kecepatan tinggi untuk membantu mengatasi pigmentasi seperti melasma, freckles, dan lentigo. Tidak hanya itu Laser Revlite® juga dapat menghilangkan tahi lalat, tanda lahir dan juga tato.

Pemulihan cepat (no downtime), tanpa iritasi dan meminimalisir ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh perawatan yang menggunakan laser biasa. Perawatan kecantikan dengan teknologi sinar laser ini, membantu untuk meremajakan dan mencerahkan wajah, menyamarkan tkamu-tkamu penuaan seperti garis dan keriput halus di wajah, serta flek-flek di kulit. PhotoRejuvenation membantu membuat kulit menjadi lebih halus, kencang, dan kenyal, teknologi sinar laser ini mampu merangsang produksi kolagen dan elastin hingga di bagian kulit terdalam.

Telah direview oleh: dr. Stanley Setiawan, Sp.KK

Source: