Siapa yang tidak mengenal jenis perawatan kulit satu ini? Ya, laser wajah menjadi perawatan kulit populer yang banyak diketahui khalayak. Terapi laser dapat memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit. Biasanya terapi laser menggunakan sinar cahaya pendek yang ditargetkan pada bagian kulit yang ingin diperbaiki. Perawatan kulit dengan laser banyak digunakan di unit bedah plastik, rumah sakit, hingga klinik kecantikan.

Perawatan laser untuk lesi kulit telah berkembang pesat sejak awal tahun 1960-an. Target khas untuk perawatan tersebut bermacam-macam mulai dari menghilangkan tato, bekas luka, kerutan, dan lainnya. Lantas, kondisi kulit yang seperti apa yang dapat diperbaiki dengan laser? Lebih jelas simak ulasan berikut.

Kondisi kulit yang dapat dilakukan dengan laser

Ketika berbicara mengenai teknologi laser dalam perawatan kulit maka melambangkan perawatan kulit ke era baru. Berkat teknologi laser dapat mengobati berbagai kondisi mulai dari menghilangkan tumor jinak kulit hingga mengurangi kerutan. Ada beberapa kondisi yang ditangani oleh dokter kulit secara efektif dengan terapi laser meliputi:

  1. Menghilangkan kemerahan pada kulit
    Perawatan laser membantu menghilangkan rosacea atau kelainan kulit dengan peradangan berupa ruam kemerahan atau bintik merah lainnya pada kulit. Terapi laser menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk menghilangkan kemerahan pada kulit. Laser juga aman untuk menargetkan pembuluh darah di semua jenis kulit, tapi seringkali memerlukan beberapa perawatan.
  2. Laser untuk menghilangkan tanda lahir
    Laser dalam dunia kecantikan juga digunakan untuk menghilangkan tanda lahir termasuk port wine stain, tanda lahir hemangioma. Perawatan tersebut aman digunakan bayi dan anak-anak. Kebanyakan kasus perawatan cahaya yang intens membutuhkan sekitar 2-3 sesi untuk mempertahankan hasil yang optimal.
  3. Menghilangkan rambut dan tato
    Tato dapat dihilangkan dengan menggunakan laser penghilang pigmen dengan intensitas bervariasi. Selain itu, laser hair removal dapat digunakan untuk menghilangkan rambut/bulu . Dengan demikian, pertumbuhan rambut akan berhenti dan rambut akan rontok secara alami. Perawatan ini dapat dilakukan pada semua jenis dan warna kulit, selama ada kontras antara warna kulit dan rambut kamu.
  4. Menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka
    Perawatan laser juga berperan penting dalam pengelolaan jerawat. Dalam bekas luka, peran laser dan sistem IPL terbentang dari modulasi fibroblas pada bekas luka baru, membersihkan pigmen bekas luka, menghilangkan tato traumatis hingga remodeling kolagen pada bekas luka hipertrofik. Dengan begitu, bekas luka baru bisa dibuat tidak mencolok.
Inilah Kondisi Kulit yang Bisa Ditangani dengan Perawatan Laser!

Sebelum menjalani perawatan laser pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Itulah beberapa perawatan kulit dengan laser. Perawatan laser juga berguna untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan; mengurangi bekas luka, termasuk bekas luka akibat jerawat; mengencangkan kulit; mengurangi melasma; mengobati vena laba-laba; dan kekhawatiran lainnya. Dokter kulit bersertifikat kamu dapat membantu menentukan apakah salah satu dari perawatan ini tepat untuk kamu.

Siapa yang boleh melakukan perawatan laser?

Pria dan wanita yang mengalami masalah kulit dan tidak ada batasan umur tertentu. Namun, sebaiknya sebelum menjalani perawatan laser, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Apa saja persiapan sebelum perawatan laser?

Sebelum menjalani perawatan kulit dengan laser. Mulailah berkonsultasi dengan dokter kulit berpengalaman untuk mengetahui apakah kamu kandidat yang sesuai. kamu perlu memberi tahu dokter obat-obatan dan suplemen yang sedang digunakan. Pasalnya beberapa obat dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap gelombang sinar laser. Sebelum perawatan, kamu mungkin juga perlu berhenti menggunakan produk perawatan kulit tertentu, seperti retinoid topikal, berhenti merokok.

Bagaimana memilih dokter kulit yang tepat?

Mengingat prosedur laser ini penting, maka perlu untuk bekerja sama dengan dokter kulit yang berpengalaman. Lantas, bagaimana memilih dokter kulit untuk pertama kalinya? Sebelum memilih dokter pastikan untuk mempertimbangkan bberapa kandidat yang berbeda, tanyakan pertanyaan berikut kepada dokter kulit kamu:

  • Pengalaman apa yang kamu miliki dengan perawatan laser?
  • Apa pengalaman kamu dengan warna kulit dan masalah kulit tertentu?
  • Apakah kamu memilik contoh gambar sebelum dan sesudah dari klien kamu?
  • Bagaimana kesehatan saya dapat mempengaruhi hasil? Apakah ada yang perlu saya lakukan sebelumnya?
  • Apa yang bisa saya harapkan selama pemulihan?
  • Menurut kamu, berapa banyak sesi yang saya perlukan?

Penting juga untuk menemukan dokter kulit yang bersertifikat. Sertifikasi diperlukan untuk memastikan bahwa dokter kulit yang merawat kamu memiliki pelatihan dan praktik ekstensif. Perawatan laser menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari alternatif terapi di bidang dermatologi. Jika kamu mempertimbangkan perawatan laser untuk memperbaiki kulit kamu, kami mendorong kamu untuk menghubungi ahli bedah kosmetik bersertifikat.

C Derma hadir sebagai pusat dermatologi untuk menemukan ahli bedah di dekat kamu. Teknologi yang kami gunakan, yakni teknologi laser terbaru. Tentunya ditangani juga dengan dokter spesialis kulit berpengalaman. Pasien dari semua jenis kulit dapat dirawat dengan aman dan mendapatkan perawatan kualitas premium C Derma. Yuk, tentukan pilihan perawatan kulit terbaik kamu dari sekarang!

Reviewed by dr. Jessica Tania Ho, Sp.KK

Source: