Pernah melihat sesorang yang mengalami bercak putih susu pada kulit? Ya, mungkin itu Vitiligo! Vitiligo merupakan gangguan kulit yang disebabkan hilangnya zat warna pada kulit, yaitu melanin. Jika Anda mengidap Vitiligo jangan berkecil hati. Ternyata ada beberapa perawatan khusus yang dapat Anda pilih untuk pengobatan Vitiligo. Yuk, cari tahu perawatan kulit yang tepat lewat ulasan ini!

Apa Itu Vitiligo?

Vitiligo adalah salah satu gangguan kulit yang ditandai dengan adanya bercak putih susu. Diduga terjadi akibat disfungsi dan hilangnya melanin pada kulit. Kebanyakan orang dengan Vitiligo ditandai dengan adanya bercak putih yang muncul pada beberapa area kulit. Vitiligo dapat terjadi pada siapa pun dan tidak memengaruhi jenis kelamin maupun ras. Vitiligo umumnya lebih sering terlihat pada orang berkulit gelap.

Penyebab Penyakit Vitiligo

Prenyebab penyakit vitiligo sampai saat ini belum diketahui pasti. Terjadinya Vitiligo diduga melibatkan faktor genetik dan faktor non genetik seperti penyakit autoimun. Penyakit autoimun berkembang saat tubuh salah menganggap bagian dirinya sebagai benda asing. Jika tubuh salah mengira melanin sebagai benda asing, maka tubuh akan menyerang dan membunuh sel-sel tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Vitiligo? Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Apakah Vitiligo dapat Disembuhkan?

Vitiligo sendiri memang belum bisa disembuhkan secara permanen atau total. Namun, ada berbagai perawatan yang dapat digunakan untuk menyamarkan dan mengurangi bercak pada kulit. Para ilmuan terus melakukan penelitian dan pendekatan dengan mempelajari gen pada penderita Vitiligo sekaligus menemukan pengobatan atau perawatan yang tepat.

Pengobatan  Vitiligo
Ilustrasi foto tampak Vitiligo di area tangan.

Baca Juga: Vitiligo: Kenali Gejala Komplikasi dan Pengobatannya

Cara Mengobati Vitiligo

Perawatan Vitiligo yang benar dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Jika dokter kulit Anda mencurigai adanya indikasi Vitiligo, dokter akan meninjau riwayat kesehatan Anda, menanyakan pertanyaan khusus, seperti apakah ada riwayat keluarga yang menderita Vitiligo? Berikut beberapa fakta penting tentang pilihan pengobatan untuk membantu Anda sebelum konsultasi ke dokter kulit.

1. Perawatan Non-Medis

    • Gunakan kosmetik untuk menyamarkan warna kulit sehingga Vitiligo tidak terlihat.
    • Kelemahan: memakan waktu dan harus diterapkan berulang kali.

2. Obat Oles/Topikal

    • Obat topikal dapat dioleskan pada kulit untuk menambah warna kulit.
    • Kelemahan: kemungkinan efek samping obat.

3. Terapi Sinar UVB

    • Menggunakan cahaya sinar UVB untuk mengembalikan warna kulit yang hilang.
    • Kelemahan: Perlu 2-3 perawatan per minggu selama beberapa minggu.

4. Terapi Cahaya PUVA

    • Menggunakan sinar UVA dan obat untuk mengembalikan warna kulit.
    • Kelemahan: Perlu waktu dua kali seminggu selama kurang lebih 1 tahun.

5. Operasi

    • Tindakan ini ditujukan untuk orang dewasa dengan Vitiligo stabil/tidak mengalami perubahan selama 6 bulan.
    • Kelemahan: Kemungkinan efek samping termasuk kegagalan untuk bekerja.

6. Perawatan Konvensional

    • Beberapa vitamin, mineral, asam amino, dan enzim dilaporkan dapat mengembalikan warna kulit penderita vitiligo.
    • Kelemahan: Sebagian besar belum dipelajari sehingga tidak ada bukti yang mendukung perawatan ini.

7. Depigmentasi

    • Perawatan ini menghilangkan pigmen yang tersisa dari kulit.
    • Kelemahan: Perlu waktu 1-4 tahun perawatan.

Baca Juga: Harga Perawatan Vitiligo di C Derma

Perawatan Laser 311nm UVB Saphire Laser (Pallas®)

Setelah mengetahui apa saja pengobatan Vitiligo yang dapat Anda pilih. Kini pilihan ada di tangan Anda tentu saja atas saran dari dokter kulit ya. Pasalnya kita tidak bisa mempredikisi apalagi mengira-ngira mana pilihan yang tepat. Terkadang terapi kombinasi dengan menggabungkan dua atau lebih perawatan sering kali memberikan hasil terbaik.

Salah satu pilihan terapi vitiligo dengan perawatan Laser 311nm Saphire Laser (Pallas®) yang tersedia di C Derma.Tindakan laser dengan sinar ultraviolet B memiliki keuntungan dalam mengobati Vitiligo yang mana efektifitas dan keamanan dari teknologi laser 311nm UVB Saphire Laser (Pallas®) telah terbukti. Laser ini telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Korea untuk pengobatan Psoriasis, Atopic Dermatritis, dan Vitiligo sejak tahun 2015. Laser 311nm Saphire Laser (Pallas®) mengarahkan gelombang UV Laser Solid State ke area kulit yang lebih spesifik penetrasi sinar lebih dalam dengan panjang gelombang 311 nm.

Efek samping yang mungkin terjadi pun tidak serius. Bahkan dalam penelitian Sapphire laser treatment in an in vivo animal study, laser terbukti secara efektif menekan respons imun dan memberikan perbaikan klinis pada hewan dengan dermatitis atopik. Perawatan laser ini menawarkan pilihan bagi orang-orang yang terganggu dengan penampilan mereka karena Vitiligo. Melalui sistem UVB Laser Solid State yang khusus lebih efektif menangani Vitiligo. Perawatan laser hanya berfokus pada area yang terkena, jadi bercak kulit yang sehat tidak akan terganggu. Lama waktu perawatan tergantung tingkat keparahan Vitiligo yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki bercak Vitiligo, kami dapat membantu Anda dan akan mengevaluasi pilihan pengobatan Vitiligo. Perawatan Laser 311nm UVB Saphire Laser (Pallas®) membantu memaksimalkan pengobatan Vitiligo, lho. Yuk, konsultaskan dengan tim C Derma yang berkomitmen untuk menampilkan sisi terbaik dan mengembalikan kepercayaan diri Anda!

Reviewed by: dr. Jessica Tania Ho, Sp.KK

Artikel yang berhubungan dengan Vitiligo:

Source: