Pernah menderita masalah kulit yang membuat tidak nyaman? Terkadang masalah kulit yang muncul memiliki ciri yang hampir sama seperti, terasa gatal, kulit kering, dan merah. Masalah kulit kering dan bersisik bisa jadi itu tanda psoriasis atau justru eksim? Masih bingung bagaimana membedakan keduanya? Memang penyakit kulit ini terlihat serupa, tapi ternyata tidaklah sama. Nah, supaya lebih jelas dan tidak salah dalam penanganannya. Ada baiknya simak perbedaan psoriasis dan eksim melalui ulasan berikut!

Baca Juga: Eksim pada Anak: Penyebab dan Perawatan

Apa Itu Psoriasis dan eksim?

Psoriasis sebenarnya memiliki ciri khas yang dapat dikenali oleh dokter kulit. Sayangnya psoriasis kerap kali disalahartikan dengan penyakit kulit lainnya, seperti eksim / eksim. Psoriasis sendiri merupakan kelainan kulit akibat sel kulit yang melakukan regenerasi lebih cepat dari biasanya sehingga kulit menebal, bercak kemerahan, dan bersisik putih keperakan seperti mengelupas. Eksim adalah istilah untuk sekelompok kondisi yang membuat kulit menjadi meradang atau iritasi. Jenis yang paling umum adalah dermatitis atopik atau eksim / eksim atopik. eksim / eksim ini tidak menular. Tahukah Anda? Eksim mempengaruhi sekitar 10%-20% bayi dan sekitar 3% orang dewasa serta anak-anak di Amerika Serikat.

Baca Juga: Penyakit Psoriasis Kenali Penyebabnya

Perbedaan Psoriasis dan Eksim
Persamaan keduanya baik psoriasis dan eksim sama-sama menimbulkan rasa gatal pada area kulit yang terkena.

Apa Perbedaan Psoriasis dan eksim?

Tahukah Anda? Psoriasis muncul saat usia 15 dan 35 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan timbul pada usia lain. Biasanya jarang terjadi pada bayi. Lain halnya eksim yang bisa muncul mulai dari bayi. Nantinya gejala akan membaik seiring anak bertumbuh dewasa.
Bagi orang awam tidaklah mudah untuk mengetahui seseorang menderita psoriasis atau eksim. Padahal jika diamati dengan saksama psoriasis dan eksim cenderung terlihat berbeda, lho. Inilah perbedaan yang perlu Anda ketahui.

1. Perbedaan dari Tampilan dan Bentuk

Psoriasis membuat kulit lebih tebal, kemerahan, dan bersisik putih keperakan seperti sedang mengelupas. Sedangkan eksim membuat kulit merah meradang yang mungkin bersisik dan berkerak. Bercak kasar yang terkadang gelap itu bisa menyebabkan pembengkakan.

2. Perbedaan dari Letak Kemunculannya

Psoriasis biasanya muncul di beberapa tempat antara lain:

    • Lutut,
    • Kulit kepala dan wajah
    • Punggung bawah
    • Telapak tangan
    • Telapak kaki

Psoriasis juga bisa muncul di area tambahan lain seperti:

    • Kuku jari tangan dan kuku kaki
    • Mulut dan bibir
    • Kelopak mata
    • Telinga

Sedangkan eksim sering muncul pada bagian tubuh yang menekuk, seperti siku bagian dalam atau di belakang lutut. Selain itu, akan tampak juga pada bagian lain di leher, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki. Terkadang bagi bayi Anda bisa mendapatinya muncul di dagu, pipi, kulit kepala, dada, punggung, lengan, dan kaki.

3. Perbedaan dari Pemicu/Penyebabnya

Selanjutnya, perbedaan lain dapat dilihat dari penyebab utamanya faktor genetik. Namun, faktopr pemicu lainnya dapat diperoleh karena beberapa faktor sebagai berikut:

    • Terbakar sinar matahari
    • Goresan
    • Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan psoriasis
    • Telinga

Sedangkan eksim disebabkan oleh sesuatu yang membut kulit menjadi iritasi antara lain:

    • Sabun
    • Deterjen
    • Disinfektan
    • Telinga

Selain itu, infeksi juga bisa memicu eksim. Hal lainnya seperti keringat, panas, perubahan hormon, dan stres juga bisa menjadi penyebabnya. Bahkan alergi juga bisa memicu eksim, lho!

Baca Juga: Penyakit Psoriasis dan Jenisnya

Perawatan Psoriasis dan Eksim

Perawatan psoriasis dan eksim dapat disesuaikan dengan kondisi pasien. Perawatan psoriasis yang dilakukan mulai dari obat-obatan, krim dan salep yang dioleskan ke area yang terkena hingga terapi sinar ultraviolet.

Sedangkan perawatan eksim pada kasus ringan hingga sedang, dokter akan menyarankan menggunakan obat untuk mengontrol peradangan dan pelembab khusus. Lain halnya bila Anda menderita eksim sedang hingga parah. Anda bisa menggunakan obat yang memengaruhi sisitem kekebalan. Jika itu tidak berhasil, dokter akan menyarankan mencoba terapi cahaya atau fototerapi menggunakan sinar ultraviolet.

Jadi, sekarang Anda tidak bingung lagi. Anda sudah mengetahui perbedaan psoriasis dan eksim. Jika Anda memiliki gejala di atas, seperti gatal, ruam yang tidak kunjung sembuh. Sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat. Yuk, bicarakan dengan tim C Derma yang sudah berpengalaman menangani berbagai masalah kulit!

Reviewed by dr. Hari Darmawan, SpKK

Source: