Siapapun memiliki risiko terkena psoriasis. Ya, kebanyakan psoriasis terjadi pada orang dewasa, tetapi anak-anak juga bisa mendapatkannya. Bahkan pria dan wanita memiliki risiko yang sama. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perawatan yang tepat untuk psoriasis. Kini, ada perawatan baru untuk mengobati psoriasis. Bagaimana cara kerja perawatan laser psoriasis? Bisakah perawatan itu membersihkan kulit Anda? Temukan jawabannya lewat ulasan berikut!

Penyakit Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang gatal, menimbulkan bercak merah dan bersisik. Psoriasis paling sering ditemukan pada lutut, batang tubuh, dan kulit kepala. Jika Anda mengidap penyakit psoriasis tentu menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Belum lagi kondisi kulit yang merah dan bersisik membuat rasa percaya diri menurun. Meskipun psoriasis tidak menular, tapi para ilmuan masih mempelajari bagaiman psoriasis dapat berkembang.

Baca Juga: Perbedaan Psoriasis dan Eksim

Penyebab Psoriasis

Lalu, apa penyebab psoriasis? Ada beberapa risiko yang dapat menyebabkan psoriasis. Beberapa risiko yang menyebabkan psoriasis meliputi:

1. Psoriasis diturunkan dalam keluarga

Jika Anda memiliki saudara leaki-laki atau perempuan, orang tua, serta kakek dan nenek yang menderita psoriasis. Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkannya.

2. Sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda? SIstem kekebalan tubuh berfungsi untuk membantu kita agar tidak sakit karena bakteri dan virus. Sayangnya, bila seseorang menderita psoriasis ada yang tidak beres pada sistem kekebalan tubuhnya sehingga tubuh lebih sering membuat sel kulit baru. Sel kulit pun menumpuk dan itulah psoriasis.

Perawatan Laser Psoriasis
Perawatan laser excimer saat ini diindikasikan untuk pasien dewasa dan anak-anak dengan psoriasis ringan.

Baca Juga: Penyakit Psoriasis dan Jenisnya

Pengobatan Psoriasis

Jika Anda menderita psoriasis jangan berkecil hati. Kini, banyak perawatan yang dapat Anda coba untuk meringankan gejala psoriasis. Ini menjadi kabar baik untuk membantu Anda hidup lebih baik dengan psoriasis. Seperti apa saja kah perawatannya?

Pilihan pengobatan psoriasis begitu beragam, seperti obat oral, obat oles hingga terapi cahaya. Semua Semua perawatan tersebut dapat bekerja dengan baik. Sayangnya, obat-obatan memiliki efek samping dan terapi cahaya memerlukan beberapa sesi. Kini ada pilihan lain untuk mengobati psoriasis, yaitu menggunakan perawatan laser excimer. Perangkat ini banyak digunakan di bidang dermatologi untuk berbagai penyakit termasuk psoriasis, vitiligo, dermatitis atopik dan penyakit dermatologis lainnya.

Lalu, bagaimana mekanisme kerja laser excimer ini? Prosesnya mirip dengan aksi sinar UVB, yang mana menginduksi apoptosis pada keratinosit dan limfosit T. Tahukah Anda? Sejak pertama kali diperkenalkan, laser excimer ini efektif sebagai pilihan pengobatan psoriasis. Bahkan dalam penelitian Feldman menunjukkan 84% pasien mencapai peningkatan 75% atau lebih baik setelah pengobatan.

Perawatan laser excimer saat ini diindikasikan untuk pasien dewasa dan anak-anak dengan psoriasis ringan, sedang hingga berat dengan keterlibatan area permukaan tubuh <10%. Secara umum penggunaan laser excimer dapat mengobati empat kategori penyakit kulit, seperti psoriasis, lesi apigmentasi, gangguan pruritus, hipopigmentasi, dan penyakit folikuler.

Baca Juga: Perbedaan Dermatitis Seboroik dan Psoriasis

Proses Perawatan Laser Psoriasis

Anda bisa mendapatkan perawatan laser dengan bantuan dokter spesialis kulit. Selama perawatan, dokter akan mengarahkan laser langsung ke bagian psoriasis. Anda akan merasakan sedikit kehangatan di area tersebut. Menariknya, perawatan ini langsung mengarahkan sinar ultraviolet B (UVB) intensitas tinggi dengan panjang gelombang yang sangat spesifik. Langsung di arahkan ke plak psoriasis. Anda dapat menjalani perawatan 4-10 sesi untuk mendapatkan hasil terbaik.
Perawatan laser psoriasis ini menggunakan dosis sinar laser yang terfokus dan intens.

Fungsinya untuk mengontrol area psoriasis tanpa merusak kulit yang sehat di sekitarnya. Bahkan efektivitas terapi laser yang ditargetkan serupa dengan terapi cahaya tradisional. Namun, bekerja dalam sesi lebih sedikit dengan dosis cahaya yang lebih kuat untuk menjangkau lebih dalam ke area kuit yang ditargetkan. Perawatan laser ini juga bagus untuk menjangkau psoriasis di area yang sulit diobati, seperti lutut, siku, telapak tangan, telapak kaki, dan kulit kepala.

C Derma bisa membantu Anda yang ingin tampil percaya diri. Konsultasikan segera kondisi kulit Anda dengan dokter berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Selain itu, rasakan juga hasilnya dengan perawatan berkelas premium. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, pilih berbagai perawatan di C Derma untuk mendapatkan penampilan lebih sempurna!

Reviewed by dr. Hari Darmawan, SpKK

Source: