Setiap tahun, industri kecantikan selalu menawarkan tren kecantikan baru yang akan mengakomodasi keinginan para wanita dan pria untuk tampil awet muda. Belakangan ini, tren yang menjadi pusat perhatian adalah microneedling. Teknik microneedling dipercaya dapat mengatasi luka, menghilangkan bekas jerawat, tanda penuaan, pori-pori besar, pigmentasi kulit, meningkatkan kolagen, dan bahkan melebatkan rambut.

Seperti topik kita saat ini, apakah Microneedling dapat menghilangkan bekas jerawat? Bagi sebagian besar orang jerawat sudah cukup membuat frustrasi, apalagi bila Anda mungkin harus berurusan dengan yang namanya bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat. Biasanya bekas jerawat dapat bertahan selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Jika Anda sudah mencoba berbagai produk menghilangkan bekas jerawat namun tida kunjung membaik, Anda dapat mempertimbangkan microneedling untuk menghilangkan bekas jerawat Anda. Microneedling bisa disebut dengan tindakan tusuk kulit atau dermarolling, prosedur ini dilakukan oleh dokter kulit atau spesialis perawatan kulit untuk mengobati berbagai masalah perawatan kulit, termasuk bekas luka dan kerutan. Tentu saja tindakan ini sudah dilakukan studi klinis dan telah menunjukkan hasil positif secara keseluruhan.

Ingin tahu tentang microneedling untuk bekas jerawat? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang prosedur dan bagaimana membahas efektivitas dan efek samping potensial dengan dokter kulit.

Efektivitas Microneedling Untuk Bekas Jerawat

Seperti namanya, microneedling menggunakan jarum halus yang menusuk kulit Anda. Selama proses penusukan kulit, kulit Anda menghasilkan lebih banyak kolagen dalam upaya untuk menyembuhkan luka kecil dari jarum.

Teorinya adalah bahwa kolagen baru yang terbentuk akan membantu menghaluskan penampilan kulit Anda, membantu mengisi garis-garis halus, kerutan, dan bekas luka. Untuk itu, tusuk kulit dapat digunakan untuk:

    • bekas luka bakar
    • bekas luka jerawat
    • bekas luka bedah
    • melasma
    • kerusakan akibat sinar matahari
    • stretch mark
    • kulit kendur
    • pori-pori besar
    • rambut rontok

Tindakan microneedling ini menggunakan alat VIVACE dengan metode tindakan yang disebut Fractional Microneedle RF treatment, sebuah perawatan wajah dengan teknologi modern yang memiliki beragam manfaat.

Fractional Microneedle RF adalah perawatan yang memiliki manfaat untuk merawat untuk masalah lubang bekas jerawat, kerutan halus dan masih banyak lainnya. Disebut Microneedle karena menggunakan alat yang seperti di stamp atau ditusukkan menggunakan jarum kecil halus tetapi tidak membekas. Ketika handpiece dari alat RF yang ada jarumnya ditusukkan ke wajah, maka alat tersebut juga akan otomatis mengeluarkan gelombang Radio Frequency. Radio Frequency memberikan panas yang dapat merangsang produksi kolagen yang dapat membuat kulit tampak lebih muda dan kencang. Untuk hasil yang optimal, gunakan RF dengan canggihnya prosedur mircroneedling.

Tidak seperti perawatan korektif kulit minimal invasif lainnya, seperti terapi laser, microneedling dianggap aman untuk warna kulit yang lebih gelap. Ini karena tidak merusak atau menghilangkan lapisan kulit luar. Microneedling juga dianggap aman untuk kulit tipis dan sensitif.

Bekas jerawat bisa membaik dengan sendirinya seiring waktu. Namun, mereka masih akan permanen kecuali bila seseorang mengambilkan tindakan yang lebih spesifik. Beberapa serum dan krim anti-penuaan bisa sangat membantu dalam memperbaiki bekas luka di wajah Anda, tetapi mereka mungkin tidak sepenuhnya menghilangkannya. Plus, efeknya hilang begitu Anda berhenti menggunakan produk.

Seorang dokter kulit dapat menentukan apakah microneedling harus menjadi langkah Anda selanjutnya. Sebelum memutuskan menggunakan microneedling, pelajari semua opsi Anda untuk menentukan pendekatan teraman dan paling terjangkau. Lakukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter kami di C Derma. Kami tunggu kedatangan Anda! #ComeandC us!

Reviewed by: dr Haykal

Source: Can I Treat Acne Scars with Microneedling?