Cara terbaik mengecilkan pori-pori wajah yang wajib untuk diketahui.

Sebagian besar wanita ingin memiliki wajah yang bersih dan mulus. Salah satunya adalah ingin memiliki pori-pori yang kecil. Dikarenakan, memiliki pori-pori yang terlihat besar dapat menurunkan kepercayaan diri wanita. Tidak heran, wanita sering kali menutupi hal tersebut salah satunya dengan memakai make up untuk aktivitas sehari-hari.

Mengapa Pori-pori membesar?

Kulit setiap orang ditutupi oleh rambut-rambut kecil, terlepas dari telapak tangan dan kaki mereka. Setiap folikel rambut memiliki pori di atasnya. Folikel rambut memiliki kelenjar di dalamnya yang menghasilkan minyak. Ini disebut kelenjar sebaceous. Ketika kelenjar sebaceous melepaskan minyak, minyak naik ke bagian atas kulit dan terkumpul di pori-pori.

Beberapa penyebab utama pori-pori membesar adalah:

    • Sebum berlebihan: sesorang menghasilkan kelenjar sebaceous seseorang lebih banyak minyak, dan memiliki jenis kulit cenderung berminyak.
    • Kurangnya elastisitas di sekitar pori-pori: kulit menjadi kurang lentur, dan pori-pori tampak membesar.
    • Volume folikel rambut yang meningkat: pori-pori tersumbat oleh rambut di ujung folikel.

Ketika minyak terkumpul di pori-pori dan bergabung dengan kotoran atau make up, pori-pori bisa tersumbat. Hal Ini meregangkan pori-pori, membuatnya terlihat lebih besar dari sebelumnya. Jika pori-pori tetap tersumbat, jerawat bisa muncul. Seberapa aktif kelenjar sebaceous seseorang, tergantung pada gen mereka. Itu juga tergantung pada ukuran pori-pori mereka. Memiliki pori-pori besar bukan masalah kesehatan.

Ukuran pori adalah murni dikarenakan pertimbangan estetika. Mungkin tidak mungkin untuk menghilangkan pori-pori besar, tetapi kebanyakan orang dapat mengurangi penampilan mereka. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk memastikan kulit mereka tetap kenyal dan pori-pori mereka tetap tidak tersumbat.

Baca juga: Suntik Vitamin C – Tujuan, Manfaat, dan Risiko

Cara untuk mengecilkan pori-pori wajah:

1.Memilih produk perawatan wajah berbasis air

Jika seseorang memiliki kulit berminyak, mereka harus memastikan untuk menggunakan produk yang berbasis air. Menggunakan produk berbasis air dapat menghindari minyak bertambahan masuk ke dalam pori-pori.

2.Mencuci wajah pagi dan sore hari

Mencuci wajah adalah perawatan kulit dasar. Tetapi dengan begitu banyak produk yang tersedia, seseorang mungkin lupa hanya menggunakan air hangat dan pembersih. Memiliki kebiasaan mencuci muka yang baik sangat penting. Mencuci wajah setiap pagi dan sore hari membantu membersihkan minyak dan kotoran dari pori-pori.

3.Eksfoliasi

Pengelupasan kulit mungkin disarankan untuk membantu menghilangkan penyumbatan dari pori-pori.
Seseorang dengan kulit berminyak harus melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu. Eksfoliasi membantu menghilangkan hal-hal dari pori-pori yang dapat menghalangi mereka. Ini termasuk:

    • Kotoran
    • Sel kulit mati
    • Minyak berlebih

    Cari produk pengelupasan yang mengandung asam salisilat, yang merupakan asam alami yang membantu melepaskan puing-puing dari pori-pori. Namun, penting untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu. Eksfoliasi terlalu sering dengan produk yang mengandung asam salisilat atau alkohol dapat mengeringkan kulit.

    4.Menggunakan Clay Mask

    Menggunakan masker Clay sekali atau dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan minyak dari pori-pori. Ini dapat mencegah mereka menjadi membesar, dan mengurangi penampilan mereka. Namun, baik untuk melakukan Clay Mask pada hari yang berbeda dengan perawatan pengelupasan kulit.

    Baca juga: Perawatan ULTHERAPY®, Awet Muda Tanpa Operasi

    5.Selalu menghapus riasan/ make up di malam hari

    Sangat penting untuk selalu menghilangkan make up sebelum tidur. Tidur dengan rias wajah semalaman dapat menyebabkan pori-pori seseorang tersumbat. Ini karena make up, minyak, dan bakteri menumpuk di pori-pori. Menggunakan tisu pembersih adalah cara cepat untuk menghilangkan makeup jika seseorang kekurangan waktu.

    6.Mengenakan tabir surya

    Sangat penting untuk merawat kulit di bawah sinar matahari. Jika kulit seseorang menjadi rusak karena sinar matahari, ini bisa sangat mengering. Saat kulit kering, pori-pori mungkin tampak lebih besar. Menjaga kulit terlindung dari sinar matahari membuatnya kenyal. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah:

      • Mengenakan topi bertepi lebar
      • Memakai tabir surya setiap hari
      • Berlindung di tempat teduh ketika matahari paling kuat

      7.Melakukan treatment Laser PhotoRejuvenation

      Melakukan tindakan Laser PhotoRejuvenation merupakan salah satu alternatif perawatan untuk mengecilkan pori-pori lebih maksimal. Perawatan kecantikan berteknologi laser ini juga dapat meremajakan, mencerahkan, menyamarkan tanda penuaan, serta flek-flek di kulit.

      Dengan begitu, jangan lupa untuk lakukan perawatan wajah yang ada di atas. Anda dapat melakukan treatment Laser Photorejuvenation di C Derma yang merupakan klinik dermatologi dan estetika dengan dokter yang sudah berkompetensi dan diakui secara legal untuk melakukan peraawatan dan tindakan kulit Anda.
      Let’s get brigher skin!

      cara terbaik mengecilkan pori-pori

      Telah direview oleh: dr. Ahmad Haykal A.R.B., Sp.KK, M.Kes

      Source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320775#overview