Chemical Peeling treatment? Ketahui terlebih dahulu kegunaan, proses, hasil dan risikonya

Kegunaan

Chemical Peeling dapat meningkatkan penampilan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati hingga lapisan terdalam yang membuat kulit baru lebih halus, cerah, kencang dan menghilangkan tanda-tanda penuaan kulit lainnya. Chemical peeling dapat dilakukan pada area wajah ataupun leher.

Kegunaan lainnya dari Chemical Peeling adalah:

    • Menghilangkan garis-garis halus di area wajah
    • Menghilangkan keriput yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan
    • Memperbaiki penampilan bekas luka ringan
    • Menghilangkan bintik-bintik penuaan atau bercak gelap (melisma) pada wajah yang dikarenakan sedang hamil.
    • Menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata
    • Mengatasi jerawat dan warna kulit yang tidak merata
    • Area kerusakan akibat sinar matahari dapat membaik setelah melakukan perawatan ini

Setelah melakukan perawatan ini, kulit sementara lebih sensitif terhadap matahari, maka dari itu, gunakan tabir surya dengan SPH diatas 30 setiap harinya untuk memproteksi kondisi kulit Anda. Chemical Peeling sangat berguna untuk Anda yang memiliki kulit yang kusam dan menginginkan wajah yang cerah, atau lebih cenderung memiliki warna kulit yang tidak rata.

Namun, Chemical Peeling kurang cocok untuk Anda yang memiliki wajah yang kendur atau kerutan yang terlalu berlebihan. Perawatan yang dibutuhkan untuk itu adalah jenis prosedur lainnya seperti bedah kosmetik, Ultherapy, atau lainnya. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli dematologi dan estetika untuk perawatan yang lebih tepat.

Baca juga: Solusi kulit wajah tampak lebih muda!

Proses

Anda bisa mendapatkan perawatan Chemical Peeling di klinik dermatologi dan estetika yang ada di sekitar Anda. Perawatan ini tidak Ini adalah prosedur one day care dimana setelah melakukan perawatan ini, Anda bisa langsung pulang ke rumah

Sebelum melakukan tindakan, akan dilakukan pembersihan wajah terlebih dahulu. Stelah itu akan diberikan larutan kimia seperti asam glikolat, asam trikloroasetat, asam salisilat, asam laktat, atau asam karbol (fenol), ke area kulit Anda. Perawatan ini memberikan efek rangsangan kimia pada muka yang dapat membiarkan kulit baru menggantikannya.

Selama perawatan, kebanyakan orang merasakan sensasi terbakar yang berlangsung sekitar lima hingga sepuluh menit, diikuti oleh sensasi yang menyengat. Hal ini wajar terjadi dan rasa sensasi tersebut dapat ditoleransi oleh Anda. Setelah itu, dilakukan kompres dingin pada kulit yang dapat mengurangi sensasi tersebut.

Hasil

Setelah melakukan Chemical Peeling, biasanya kulit Anda akan mengalami kemerahan yang diikuti dengan pengelupasan kulit mati pada area perawatan. Hal ini akan dialami selama tiga hingga tujuh hari kedepan.

Chemical Peeling dapat dilakukan kembali dengan interval satu bulan sekali sampai Anda mendapatkan tampilan yang Anda cari. Jika Anda memilih perawatan Deep Chemical Peeling, maka Anda bisa mengalami pengelupasan pada kulit, kemerahan, dan pembengkakan selama tujuh hingga 14 hari. Perawatan dengan Deep Chemical Peeling dapat diulang dalam enam hingga 12 bulan, jika perlu. Ketika proses penyembuhan sudah dilewati, Anda akan terkejut dengan hasilnya yang sangat memuaskan! Kulit menjadi lebih halus, cerah, dan lebih kencang, serta jerawat akan lebih berkurang.

Kemungkinan Komplikasi

Setelah melakukan Chemical Peeling, beberapa jenis kulit mungkin mengalami perubahan warna sementara waktu atau permanen. Kulit yang telah dilakukan perawatan Chemical Peeling dapat kembali lagi ke awal mula Jika Anda mengkonsumsi pil KB kembali, program hamil kembali, atau riwayat keluarga dengan perubahan kecoklatan pada wajah.

Risiko adanya jaringan parut pada bagian wajah tertentu setelah melakukan Chemical Peeling tentunya sangat rendah. Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap bekas luka. Jika jaringan parut terjadi, biasanya dapat diobati dengan saran dari dokter kulit yang menangani Anda.

Untuk orang dengan riwayat wabah herpes, ada risiko kecil untuk mengaktifkan kembali luka dingin. Dokter Anda dapat meresepkan obat untuk mencegah dan mengobatinya.

Baca juga: Sebelum Menghapus Tato, Wajib Ketahui Beberapa Hal Ini

Sebagai kesimpulan, perawatan Chemical Peeling sangatlah disarankan bagi Anda yang ingin mempunyai kulit yang lebih cerah yang tidak memiliki kerutan halus pada wajah, serta bagi Anda yang ingin menghilangkan flek di wajah atau warna kulit ayng tidak rata.
Ada berbagai macam jenis perawatan Chemical Peeling di C Derma dimulai dari harga Rp 500.000. Segera konsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter spesialis dermatologi kami yang merupakan Board Certified Dermatologist secara kompetensi dan legal untuk melakukan perawatan dan tindakan tersebut.
Let’s get brighter and healthy skin with us!

ComeandC

Telah direview oleh: dr. Ahmad Haykal A.R.B., Sp.KK, M.Kes

Source: https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-chemical-peel-treatments#2-3