Setiap orang mendambakan kulit sehat, terawat dan bersih. Sayangnya tidak semua orang dapat merealisasikannya. Setidaknya sekitar dua persen dari populasi manusia di seluruh dunia menderita Vitiligo. Ya Vitiligo, suatu kondisi yang menyebabkan kulit kehilangan warna aslinya. Kondisi ini membuat penderitanya merasa tidak percaya diri bahkan depresi. Meskipun belum ada obatnya, ada beberapa cara yang dapat membantu Vitiligo tidak terlalu terlihat dan mencegah penyebarannya. Penasaran seperti apa tindakannya dan harga perawatan Vitiligo? Cek ulasan berikut!

Tips Perawatan Kulit Vitiligo

Penderita Vitiligo mungkin merasa dirinya benar-benar sehat. Sayangnya, perubahan penampilan akibat Vitiligo bisa mempengaruhi seseorang secara emosional. Terutama bagi mereka yang mementingkan penampilan.

Kabar baiknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kondisi penderita Vitiligo lebih mudah ditangani. Berikut tips untuk membantu penderita Vitiligo merawat kulitnya:

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Tahukah Anda? Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dari matahari meningkatkan risiko kenker kulit termasuk melanoma, bentuk paling mematikan. Jika Anda ingin ke luar rumah pastikan kulit tetap terlindungi. Kenakan pakaian pelindung, seperti kemeja lengan panjang, celana, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam. Gunakan tabir surya ke semua area tubuh yang tidak tertutup pakaian. Usahakan menggunakan tabir surya berspektrum luas dan tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Baca Juga: Pengobatan Vitiligo dengan Laser 311nm UVB Saphire Laser (Pallas®)

Hindari Skin Tanning (Penggelapan Kulit)

Hindari penggelapan kulit yang menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit. Jika Anda memiliki warna kulit yang cerah penggelapan kulit akan membuat Vitiligo Anda lebih jelas dengan meningkatkan kontras antara warna kulit alami Anda dan bercak terang.

Harga Perawatan
Vitiligo salah satu gangguan kulit yang disebabkan hilangnya zat warna pada kulit yaitu melanin.

Baca Juga: Apa Itu Vitiligo? Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Perhatikan Kulit Anda

Jika Anda memiliki trauma pada kulit, seperti goresan, luka atau luka bakar dapat menyebabkan bercak Vitiligo baru berkembang. Meskipun kecelakaan dapat terjadi kapan pun. Lakukan yang terbaik untuk menghindari cedera pada kulit Anda.

Hindari Menato Kulit

Tato pada kahirnya akan melukai kulit, tato akan merusak kulit dengan jarum yang memiliki tinta di dalamnya. Dengan demikian dapat menyebabkan bercak Vitiligo baru muncul di kulit Anda sekitar 10-14 hari kemudian.

Gaya Hidup Sehat

Pertahankan gaya hidup sehat dengan memenuhi asupan nutrisi, makan-makanan bergizi seimbang untuk mendukung sisitem kekebalan. Hindari pikiran yang menyita perhatian dan membuat stres seperti pekerjaan dan lainnya. Pasalnya stres dapat menyebabkan bercak Vitiligo muncul. Atasi stres dengan meditasi, olahraga untuk meminimalkan stres karena kesehatan mental juga penting.

Perawatan Laser 311NM Saphire Laser (Pallas®)

Apa itu Lase Pallas? Perawatan Laser 311NM Saphire Laser (Pallas®) menggunakan sistem Laser Solid State yang khusus lebih efektif menangani maslah kulit Vitiligo. Tindakan laser ini telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Korea pada tahun 2015 sebagai pengobatan Vitiligo. Perawatan Laser 311NM Saphire Laser (Pallas®) ideal digunakan untuk pria ataupun wanita. Keungulan layanan ini dapat menangani masalah Dermatitis Atopik secara tepat. Selain itu, perwatan ini tanpa efek samping.

Baca Juga: Vitiligo: Kenali Gejala Komplikasi dan Pengobatannya

Harga Perawatan Vitiligo di C Derma

Pernah mengira-ngira harga perawatan Vitiligo? Estimasi harga perawatan Vitiligo mulai dari Rp300.000-Rp500.000 per 10-20 cm area. Biaya setiap pasien dengan pasien lainnya tidaklah sama tergantung sejauh mana ukuran Vitiligo yang dimiliki.

Jika Anda memiliki gejala Vitiligo segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Kami bisa membantu Anda untuk memberikan layanan perawatan terbaik. C Derma memiliki layanan Laser 311NM Saphire Laser (Pallas®) yang berfungsi untuk mengurangi dan mencegah bercak Vitiligo semakin banyak. C Derma hadir dengan pengalaman lebih dari 10 tahun menangani masalah dermatologis dilengkapi dengan teknologi terkini, fasilitas nyaman, dan perawatan berkualitas permium. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi Anda untuk mendapatkan kulit sehat dan terawat!

Reviewed by: dr. Jessica Tania Ho, Sp.KK

Artikel yang berhubungan dengan Vitiligo:

Source: