Dipertengahan bulan Maret 2020, banyak instansi pemerintah maupun swasta sudah mulai memberlakukan metode work from home. Dimana kebijakan ini dilakukan karena seiring merebaknya coronavirus disease 2019 (covid-19).

Apa itu work from home atau biasa disebut juga dengan istilah metode remote working, Kegiatan ini merupakan metode dimana para karyawan atau pekerja tidak perlu datang ke kantor atau tempat kerja untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Namun bukan berarti karyawan dinyatakan libur atau tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Istilahnya saja work from home, jadi walaupun dirumah namun tetap harus bekerja tapi dari rumah.

Work from home kala ini memang diwajibkan dan diharapkan agar setiap individu tetap dirumah melakukan semua aktifitas dan tanggung jawabnya dirumah. Hal ini berguna untuk membantu meminimalisir penyebaran coronavirus disease 2019 (covid-19).

Nah, apa hubungannya dengan “Kulit sehat merona saat menerapkan Work From Home?” Tentu saja erat hubungannya. Cuaca yang tidak menentu, perubahan suhu drastis yang terkadang panas terik dan juga hujan deras menyebabkan kelembaban kulit menjadi tidak stabil. Hal ini dapat terjadi pada setiap orang, baik wanita maupun pria, dewasa maupun anak – anak.

Saat melakukan work from home kebanyakan orang akan menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam ruangan, tidak semua orang memiliki jendela yang dapat memeberikan sirkulasi udara yang cukup untuk menjaga kulit tetap sehat. Sehingga tentu saja ruangan ber-AC menjadi pilihannya. Kebijakan work from home ini memang tidak bisa dihindari dan diwajibkan bagi masyarakat. Namun menjaga kulit tetap sehat merona akan memberikan rasa sehat dan nyaman saat beraktifitas di dalam ruangan ber-AC nonstop bahkan hingga tidur di malam hari dan seterusnya.

Cara merawat kulit tetap sehat merona:

1. Menggunakan Pelembab/ lotion (Moisturaizer) setiap hari

Pelembab/ lotion yang mengandung moisturaizer dapat meningkatkan fungsi pelindung alami kulit, yang berguna untuk meningkatkan retensi air.

Melembabkan semalaman dapat memberikan manfaat ekstra. Seseorang dapat menggunakan pelembab pada wajah mereka sebelum tidur dan mencucinya dengan pembersih wajah yang lembut di pagi hari.

Banyak pilihan pelembab yang tersedia untuk digunakan. Perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk menemukan prodak yang terbaik untuk jenis kulit mereka.

Kegiatan menggunakan Pelembab/ lotion yang mengandung moisturaizer dapat dilakukan juga di siang hari saat beraktifitas dan merasa kering. Biasanya pada bagian tangan dapat menggunakan hand cream.

2. Minum air putih yang cukup

Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai tameng untuk mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan keriput. Karena itu, minum air putih yang cukup sangat dianjurkan untuk menjaga kulit sehat dan merona senantiasa.

3. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang memiliki banyak peran penting untuk kekebalan tubuh kita, seperti:

    • Penyembuhan luka
    • Mencegah kerusakan sel
    • Merangsang kolagen
    • Meningkatkan daya tahan tubuh
    • Memberikan efek cerah dan kenyal pada bagian kulit, terutama wajah

Vitamin C dapat ditemukan di banyak makanan sehat dan suplemen makanan. Berikut makanan yang kaya akan vitamin C:

    • Brokoli
    • Pepaya
    • Stroberi
    • Nanas
    • Kiwi
    • Mangga
    • Jeruk

Lalu, vitamin C juga tersedia dalam bentuk suntikan yang disuntikkan ke dalam vena (intravena), ke dalam otot (secara intramuskular), atau di bawah kulit (secara subkutan).

Suntik vitamin C digunakan ketika kadar vitamin C dalam tubuh seseorang perlu ditingkatkan dengan cepat atau jika suplemen oral tidak dapat dikonsumsi karena penyerapan yang buruk dalam diri seseorang. Beberapa orang menerima suntikan vitamin C untuk kesehatan umum dan estetika, seperti mencerahkan kulit wajah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, membantu penyerapan lebih cepat, dan kenyamanan. Ini berarti mereka tidak harus mengingat kapan dan jam berapa untuk minum pil suplemen setiap hari.

Nah, gunakan momen work from home ini untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuh kita, baik secara jasmani maupun rohani. Dan miliki selalu kulit sehat merona saat menerapkan work form home ya!

Reviewed by: dr Haykal

Source: