Selama pandemi Covid-19 ini, kita tidak asing lagi dengan rutinitas berjemur untuk menjaga imunitas. Sayangnya, sinar UV matahari yang berbahaya dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Lantas, bagaimana cara melindungi kulit dari sinar matahari? Yuk, cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut!

Baca Juga: Cara Merawat Kulit Kering Pada Wajah

Pentingnya melindungi kulit dari sinar matahari

Siapa sih yang tidak senang menghabiskan waktu di luar untuk sekadar berjemur, beraktivitas hingga mengurangi stres. Sayangnya sebagian besar kanker kulit disebabkan oleh terlalu banyak paparan sinar ultraviolet (UV). Sinar UV juga dapat merusak sel-sel kulit. Tahukah kamu? Ternyata tidak semua pakaian diciptakan sama untuk melindungi kulit dari matahari. Nyatanya beberapa pakaian memberikan perlindungan UV yang lebih baik dari yang lain.

Baca Juga: Remajakan Struktur Kulit Dengan Skin Booster: Salmon DNA

Lantas, bagaimana cara melindungi kulit dari sinar matahari?

Lindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang berlebihan dengan beberapa hal berikut:

1. Gunakan baju dan celana tertutup

Penting untuk menutupi kulit saat kamu berada di luar ruangan. Cobalah kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang bila memungkinkan untuk melindungi dari sinar UV. Hindari kain yang longgar atau terbuka, seperti renda. Selain itu, pakaian warna gelap menawarkan perlindungan lebih dari warna terang. Pilih pakaian yang memiliki perlindungan ultraviolet di labelnya.

2. Gunakan kacamata dengan pelindung UV

Selain pakaian, kacamata hitam menjadi bagian penting yang harus kamu punya. Kacamata hitam melindungi mata dari sinar UV dan mengurangi risiko katarak. Kulit lembut di sekitar mata juga dapat terlindungi dari paparan sinar matahari, lho. Kacamata hitam dapat menghalangi sinar UVA dan UVB untuk memberikan perlindungan terbaik.

5 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Gunakan sunscreen atau tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi saat berada di luar ruangan.

Baca Juga: Perawatan Ultherapy untuk Kulit Segar dan Alami

3. Topi bertepi lebar

Kemudian, untuk perlindungan maksimal kenakan topi bertepi lebar yang menutupi wajah. Ini adalah cara sederhana untuk menutupi wajah dan bagian belakang leher. Pastikan kamu memilih topi yang memiliki pinggiran lebar. Hindari topi baseball atau topi jerami berlubang karena kurang efektif melindungi kulit di luar ruangan yang memungkinkan sinar matahari masuk. Pilih topi yang lebih gelap untuk menawarkan lebih banyak perlindungan UV. Jika kamu mengenakan topi baseball lindungi bagian telinga dan leher belakang menggunakan sunscreen atau tetap berada di tempat yang teduh.

4. Pakai sepatu

Sepatu dapat menutupi kaki, tapi bila kamu mengenakan sandal jepit atau bertelanjang kaki pastikan untuk mengoleskan tabir surya ke seluruh kulit yang terbuka.

Baca Juga: Kulit Sehat Merona Saat Menerapkan Work From Home

5. Aplikasikan sunscreen

Selain mengenakan pakaian pelindung sinar matahari, penting untuk memakai sunscreen atau tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk semua kulit yang tidak tertutup oleh pakaian. Nah, produk yang satu ini wajib kamu miliki agar melindungi wajah dari bahaya sinar matahari. Pastikan menggunakan sunscreen pada semua kulit yang terbuka. Kamu juga bisa mengaplikasikan ulang bila sunscreen memudar, kenakan kembali bila berada di bawah sinar matahari lebih dari 2 jam. Jika wajah berkeringat atau setelah berenang kamu bisa mengoleskan kembali sunscreen. Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa sunscreen, biasanya memiliki umur simpan lebih dari 3 tahun.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang bagaimana melindungi kulitmu dari sinar matahari dan mencegah kanker kulit, hubungi dokter kulit bersertifikat. Yuk, konsultasikan langsung dengan dokter spesialis kulit dan tim di C Derma!

Reviewed by dr. Maria Vianney Sansan, Sp.KK

Source: